Azril Arrasyid Ilham Hi, I loves to write, trying to help people to understand about business, technology, and online marketing in the most convenient way.

Cara Membuat Link Telegram Bisnis: Panduan Praktis dan Efektif

3 min read

Cara Membuat Link Telegram

Dilaporkan oleh demandsage.com, Telegram kini memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif bulanan, dengan ribuan saluran atau grup. Diprediksi bahwa jumlah pengguna akan terus meningkat hingga mencapai satu miliar pada akhir tahun 2024.

Kepopuleran platform ini telah menjadi daya tarik bagi banyak bisnis yang ingin mempromosikan produk mereka kepada pelanggan. Banyak dari mereka memanfaatkan Telegram dengan membagikan link grup atau saluran mereka ke platform media sosial lainnya, sehingga memperluas jangkauan dan memperbesar peluang pemasaran.

Untuk lebih memahami potensi Telegram dalam mendukung bisnis, kamu dapat melihat penjelasan lengkap mengenai apa itu Telegram, serta langkah-langkah untuk membuat dan membagikan link Telegram pada artikel berikut ini.

Apa itu Link Telegram?

Link Telegram merupakan sebuah link yang memungkinkan kamu untuk memulai percakapan pribadi atau bergabung dalam grup Telegram. Biasanya, link tersebut terlihat pada profil Telegram yang diawali dengan t.me/, kemudian diikuti dengan username.

Pengguna umumnya membagikan link Telegram di berbagai grup atau platform media sosial, hal ini bertujuan untuk mempermudah komunikasi antar individu tanpa perlu pertukaran nomor telepon.

Bagi bisnis, keberadaan link Telegram menjadi sarana efektif bagi calon pelanggan yang juga pengguna Telegram untuk bergabung ke dalam channel atau grup mereka. Fenomena ini berdampak pada peningkatan tingkat keterlibatan dan interaksi yang signifikan dengan pelanggan. Dengan demikian, Telegram Bisnis dapat menjadi alat yang kuat dalam mengoptimalkan komunikasi dan keterlibatan dengan pelanggan.

Apa Manfaat Link Telegram untuk Bisnis?

Keberadaan tautan Telegram dapat membantu bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan mereka dengan lebih mudah, seperti yang telah disinggung sebelumnya. Namun, tak hanya itu, masih banyak keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan membagikan link Telegram melalui berbagai media komunikasi bisnis seperti email, SMS, dan WhatsApp.

Beberapa manfaat dari penggunaan link Telegram bagi bisnis antara lain:

  1. Memiliki jangkauan yang lebih luas karena batas maksimal anggota grup Telegram mencapai 5 atau 10 juta pengguna, berbeda dengan WhatsApp grup yang hanya dapat menampung 200 orang dengan tingkat jangkauan rata-rata sekitar 10%.
  2. Tingkat tampilan (impression) dari Telegram rata-rata mencapai 20% atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan Instagram (3%) dan Facebook (4%).
  3. Memudahkan dalam melakukan promosi dan pendidikan kepada audiens melalui grup Telegram yang memiliki tingkat jangkauan dan impression yang tinggi.
  4. Menyediakan dukungan layanan pelanggan otomatis selama 24/7 dengan mengintegrasikan Telegram dengan Chatbot.
  5. Meningkatkan keterlibatan audiens dengan menyelenggarakan jajak pendapat atau kuis melalui tautan Telegram.

Dengan demikian, Telegram Bisnis bukan hanya menjadi alat untuk interaksi yang efektif, tetapi juga memungkinkan bisnis untuk memanfaatkan potensi pemasaran dan layanan pelanggan secara lebih baik.

Cara Membuat Link Telegram Melalui t.me

Inilah cara untuk membuat Link Telegram melalui t.me:

  1. Buka pengaturan profil Telegram kamu untuk mengetahui username.
  2. Salin dan tempel username tersebut setelah tautan https://t.me/.
  3. Bagikan tautan tersebut di lokasi yang mudah dijangkau.
  4. Klik tanda centang di sudut kanan atas untuk menyimpan perubahan.
  5. Tautan undangan kamu akan muncul di profil Grup Telegram atau Channel Telegram kamu.

Cara Membagikan atau Mengirim Link Telegram

Setelah berhasil membuat link Telegram, kamu bisa membagikan tautan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Masuk ke percakapan grup atau channel yang ingin kamu bagikan link-nya.
  3. Klik nama grup atau channel yang terletak di bagian atas layar.
  4. Cari link undangan dalam format t.me/username di bagian bawah deskripsi profil.
  5. Klik untuk membagikan link tersebut, atau kamu juga bisa menyalin link dengan mengklik di bagian bawah pop-up.

Contoh Penggunaan Link Telegram yang Tepat

Berikut adalah cara terbaik agar link Telegram bisa membantu meningkatkan engagement:

  1. Sisipkan pada Pesan yang Dipersonalisasi: Buatlah pesan atau keterangan yang dipersonalisasi dan sertakan tautan Telegram di dalamnya. Metode ini terbukti lebih efektif dalam mendorong keterlibatan audiens untuk mengklik tautan tersebut.
  2. Bagikan pada Platform Media Sosial: Tambahkan link Telegram di profil sosial media bisnis kamu untuk memudahkan audiens menemukannya. Kamu juga dapat memasukkan link Telegram dalam konten sosial media seperti story IG, status WA, dan lainnya.
  3. Buat Event Interaktif: Dorong keterlibatan audiens dengan mengadakan jajak pendapat atau meminta feedback dari mereka. Kamu juga dapat membuat kuis atau promosi lainnya dengan syarat bahwa mereka perlu mengklik link Telegram yang kamu sediakan untuk diskusi lebih lanjut di grup.
  4. Buat Kode QR: Salah satu cara untuk memudahkan audiens mengakses link Telegram adalah dengan membuat kode QR. Selanjutnya, tambahkan kode QR tersebut pada konten pemasaran kamu. Dengan begitu, saat audiens memindai kode QR, mereka akan diarahkan langsung ke grup Telegram kamu untuk memulai percakapan.
  5. Jadikan Link Telegram sebagai CTA: Sertakan tautan Telegram pada CTA (Call To Action) dalam konten pemasaran kamu. CTA tersebut akan mengarahkan audiens untuk bergabung ke grup Telegram bisnis kamu.

Optimalkan Interaksi Pelanggan: Strategi Sukses dengan Link Telegram Bisnis

Dari pembahasan mengenai cara membuat dan membagikan Link Telegram Bisnis, dapat disimpulkan bahwa penggunaan link Telegram merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan engagement dengan pelanggan. Dengan mengikuti langkah-langkah seperti sisipkan link pada pesan yang dipersonalisasi, bagikan link pada platform media sosial, adakan event interaktif, buat kode QR, dan jadikan link sebagai CTA, bisnis dapat memperluas jangkauan serta meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan lebih efisien.

Selanjutnya, untuk mengoptimalkan manfaat dari penerapan strategi tersebut, Woowa CRM hadir sebagai solusi yang tepat. Sebagai Aplikasi Customer Relationship Management yang terintegrasi dengan web.whatsapp, Woowa CRM memungkinkan kamu untuk mengelola dan menjaga hubungan dengan pelanggan melalui platform pesan instan tersebut dengan lebih efektif. Dengan fitur-fitur unggulan yang dimilikinya, seperti integrasi langsung dengan web.whatsapp dan kemampuan untuk mengeluarkan kekuatan super dalam menangani pelanggan, Woowa CRM dapat menjadi solusi terbaik untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja bisnis dalam berinteraksi dengan pelanggan. Dengan demikian, Woowa CRM tidak hanya menjadi alat yang sesuai untuk mengelola komunikasi melalui WhatsApp, tetapi juga dapat digunakan secara sinergis dengan strategi memanfaatkan link Telegram Bisnis untuk mendukung pertumbuhan dan kesuksesan bisnis kamu.

Azril Arrasyid Ilham Hi, I loves to write, trying to help people to understand about business, technology, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *