Azril Arrasyid Ilham Hi, I loves to write, trying to help people to understand about business, technology, and online marketing in the most convenient way.

Marketing Trends 2024: Proyeksi Tren Pemasaran untuk Bisnis di Indonesia

4 min read

Marketing Trends 2024

Berpindah ke permulaan tahun 2024, sejumlah ahli meramalkan bahwa pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia menunjukkan kecenderungan yang positif. Pertumbuhan ini masih didukung oleh bisnis yang berfokus pada penjualan online (e-commerce).

Meskipun begitu, kamu sebagai pelaku usaha akan dihadapkan pada sejumlah tantangan di tahun 2024. Menurut Prof. Sinta Dewi dari unpad.ac.id, kamu akan berhadapan dengan perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) serta risiko kebocoran data pribadi. Hal ini menandai pentingnya untuk tetap memperhatikan Marketing Trends 2024 guna memastikan keberlanjutan dan kesuksesan bisnis kamu di era yang semakin terdigitalisasi.

Teknologi Realitas Augmentasi (AR) dan Virtual Reality (VR) di E-Commerce

Meskipun masih tergolong baru, teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality diprediksi akan menjadi hal yang umum pada tahun 2024.

Penggunaan teknologi kecerdasan buatan ini memungkinkan kamu sebagai konsumen untuk mencoba produk secara virtual, menciptakan pengalaman yang menarik bagi kamu dalam berbelanja online.

Contohnya, Lazada di Indonesia telah mengadopsi teknologi AR. Dengan situs e-commerce mereka, Lazada memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengetahui jenis dan kondisi kulitmu melalui sistem AR. Dari sana, platform tersebut secara otomatis merekomendasikan produk perawatan kulit yang sesuai, mulai dari pembersih wajah hingga serum, sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Sementara itu, IKEA juga memanfaatkan teknologi VR melalui aplikasi mobile mereka. Dengan fitur ini, kamu dapat memilih produk furnitur yang kamu sukai dan melihatnya secara virtual di ruangan yang kamu inginkan.

Peluncuran teknologi VR telah membantu IKEA meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka hingga hampir 35% dalam beberapa bulan terakhir.

Selain meningkatkan pengalaman berbelanja, penggunaan teknologi VR dan AR juga dapat mengurangi tingkat pengembalian barang oleh konsumen. Contohnya, Shopify berhasil mengurangi jumlah produk yang dikembalikan sekitar 40% setelah memperkenalkan fitur Augmented Reality. Ini menunjukkan bahwa tren pemasaran tahun 2024 akan semakin menekankan pada penggunaan teknologi untuk meningkatkan pengalaman konsumen dan efisiensi bisnis.

Pendekatan Personal Pemasaran Lebih Efektif

Dalam marketing trends 2024, pendekatan personal akan menjadi preferensi utama konsumen. Ini berarti kamu perlu fokus untuk menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan konsumen dengan menyajikan beragam konten yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Untuk menciptakan konten pemasaran yang personal, kamu perlu memahami kebutuhan dan sudut pandang target konsumenmu. Di sini, teknologi analisis data dan kecerdasan buatan (AI) dapat menjadi alat yang sangat berguna.

Contohnya, Netflix telah menggunakan teknologi kecerdasan buatan dan machine learning untuk memberikan rekomendasi film yang sangat personal kepada penggunanya. Mereka memanfaatkan data interaksi konsumen sebelumnya untuk menyajikan rekomendasi yang sesuai. Pendekatan ini terbukti efektif karena sekitar 80% pengguna Netflix menonton film berdasarkan rekomendasi, sementara hanya 20% yang menggunakan fitur pencarian.

Fakta ini menegaskan keberhasilan Netflix dalam menyajikan konten yang sesuai dengan kebutuhan konsumennya.

Video Marketing Peminatnya Semakin Tinggi

Sementara itu, seperti tahun-tahun sebelumnya, konten video tetap diminati oleh konsumen di Indonesia. Konten video singkat yang menyajikan visual yang menarik, cerita yang relevan, dan didukung oleh algoritma yang kuat diperkirakan akan mendominasi pasar digital pada tahun 2024.

Kamu akan menemukan banyak konten video demo penjualan dan testimoni pelanggan di platform seperti TikTok, YouTube Shorts, Instagram Reels, dan lainnya. Tidak hanya dari kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM), tetapi juga perusahaan besar akan mengadopsi teknik pemasaran melalui video.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wyzowl, 91% pemasar berencana untuk menggunakan video marketing sebagai bagian dari strategi pemasaran produk mereka di tahun 2023. Angka ini diperkirakan akan terus meningkat mengingat penggunaan video sebagai media pemasaran terus bertambah setiap tahun selama 9 tahun terakhir.

Wyzowl juga melaporkan bahwa YouTube menjadi platform yang paling banyak digunakan untuk mengunggah video marketing, diikuti oleh LinkedIn, Instagram, Facebook, dan TikTok. Ini menunjukkan pentingnya konten video dalam tren pemasaran yang akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang, termasuk di tahun 2024.

Trend Ethical Marketing Kian Sensitif dengan Isu Perlindungan Data KonsumenMeningkat

Marketing trends 2024 menunjukkan bahwa konsumen lebih memilih produk yang memiliki nilai ethical yang adil, jujur, dan bertanggung jawab. Perusahaan yang mengadopsi pemasaran etis diharapkan dapat membangun hubungan jangka panjang denganmu sebagai konsumen, memenangkan kepercayaan masyarakat, serta memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitarnya.

Mayoritas konsumen yang tertarik pada tren pemasaran ethical berasal dari generasi Z. Menurut studi McKinsey, sekitar 73% dari generasi Z cenderung memilih untuk membeli dari perusahaan yang menawarkan produk dengan nilai etis.

Untuk menarik perhatianmu sebagai generasi Z, bisnis perlu memasarkan bahwa produk mereka tidak hanya memberikan manfaat bagi pelanggan, tetapi juga bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan.

Sebagai contoh, Aqua menekankan isu lingkungan dengan menciptakan kemasan produk yang ramah lingkungan. Perusahaan minuman ini menggunakan bahan kemasan botol plastik yang dapat didaur ulang. Limbah daur ulang tersebut kemudian diolah kembali untuk pembuatan botol kemasan plastik baru. Dengan demikian, Aqua menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan produk yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Isu Perlindungan Data Konsumen Makin Sensitif

Salah satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam marketing trends 2024 adalah perlindungan data. Saat ini, konsumen menjadi lebih sensitif terhadap privasi dan keamanan data mereka.

Menurut laporan CNBC Indonesia, hasil riset dari International Association of Privacy Professional pada tahun 2023 menunjukkan bahwa sekitar 68% konsumen global khawatir terhadap perlindungan data pribadi mereka. Lebih dari sepertiga atau sekitar 85% dari mereka juga menginginkan adanya transparansi kebijakan terkait penggunaan data pribadi oleh penyedia layanan.

Fakta ini menegaskan bahwa konsumen semakin sadar akan pentingnya perlindungan privasi dan data pribadi mereka. Hal ini tidak mengherankan mengingat tingginya jumlah kebocoran data yang terjadi serta biaya yang mahal untuk menanganinya.

Sebagai seorang pebisnis, kamu perlu mematuhi setiap regulasi yang bertujuan melindungi informasi pribadi dan data yang dikumpulkan dari konsumen oleh organisasi atau perusahaan.

Regulasi ini dapat diimplementasikan melalui serangkaian kebijakan, praktik, dan langkah-langkah keamanan yang dirancang untuk mencegah akses, penggunaan, atau pengungkapan yang tidak sah dari informasi pribadi tersebut.

Pemerintah Indonesia telah menetapkan regulasi tentang perlindungan data pribadi melalui Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP).

UU PDP mengatur bahwa individu termasuk yang terlibat dalam kegiatan bisnis atau e-commerce di rumah dapat dianggap sebagai pengendali data pribadi. Dengan demikian, mereka bertanggung jawab secara hukum atas pemrosesan data pribadi yang mereka lakukan dan harus mematuhi ketentuan yang tercantum dalam UU PDP.

Strategi Pemasaran Unggul di Tahun 2024: Langkah Penting untuk Bisnis Anda

Dalam proyeksi tren pemasaran di Indonesia untuk tahun 2024, bisnis harus memperhatikan beberapa hal penting. Pertama, perlu fokus pada pemasaran yang bersifat personal dan memiliki nilai etis yang kuat, karena konsumen semakin memperhatikan aspek-aspek ini dalam pembelian mereka. Kedua, pentingnya perlindungan data pribadi dan keamanan informasi, mengingat sensitivitas konsumen terhadap privasi mereka. Dengan memahami dan mengikuti tren-tren ini, bisnis dapat membangun hubungan yang kuat dengan konsumen dan meningkatkan keberhasilan mereka di pasar.

Dalam konteks ini, Woowa CRM menawarkan solusi yang sangat relevan dan bermanfaat bagi bisnis dalam menghadapi tren-tren pemasaran tahun 2024 di Indonesia. Sebagai aplikasi Customer Relationship Management yang terintegrasi langsung dengan web.whatsapp, Woowa CRM memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan secara lebih personal melalui platform yang mereka gunakan sehari-hari. Dengan fitur-fitur canggihnya, seperti kemampuan untuk mengeluarkan kekuatan super dalam menangani pelanggan langsung dari web.whatsapp, Woowa CRM memberikan kemudahan dan efisiensi dalam membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, sekaligus menjaga keamanan dan privasi data mereka. Dengan demikian, Woowa CRM merupakan pilihan yang sangat tepat untuk membantu bisnis meraih kesuksesan dalam menghadapi tren pemasaran tahun 2024 di Indonesia.

Azril Arrasyid Ilham Hi, I loves to write, trying to help people to understand about business, technology, and online marketing in the most convenient way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *